Hal-hal Penyebab Hancurnya Sebuah Blog

Bukan hanya perusahaan saja yang bisa kolaps alias runtuh bin hancur, ternyata blog anda juga bisa mengalami hal yang sama ketika hal-hal berikut ini kerap kali Anda lakukan dalam membangun sebuah blog yang sehat. Tahukah Anda bahwa kesehatan blog anda sangat diawasi oleh google, lho kok google care banget sama kita?. bukan begitu, maksudnya kesehatan blog kita sangat diawasi oleh google erat kaitannya dengan isi artikel konten yang Anda terbitkan, untuk lebih jelasnya yuk kita simak hal-hal penyebab hancurnya sebuah blog:

1) Anda melakukan praktek jual-beli link
Hal pertama adalah jual-beli link, teknik mendapatkan backlink instant dari blog yang memiliki pagerank tinggi dengan cara membeli link tersebut dari mereka, merupakan perbuatan yang sangat tidak disukai Google. Google yang sampai sekarang masih dianggap sebagai mesin pencari terfavorit nomer wahid itu, memiliki sistem pengindeksan yang otomatis sehingga membuat Google nyaris tak pernah pandang bulu, artinya adil tanpa adanya campur tangan manusia sedikit pun. Semua situs dan blog entah besar ataupun kecil, pemain baru atau lama mendapatkan kesempatan  sama di mata mesin pencari yang satu ini untuk saling bersaing dalam optimasi web/blognya. Nah kembali pada topik, layanan-layanan jual-beli link sangatlah berisiko tinggi. Maksud hati ingin meningkatkan posisi di SERP Google, alhasil apa daya ditendang jauh-jauh ke sudut belakang laman pencarian Google. 
Pemecahan masalah: Mulailah membuat konten yang natural, unik dan menarik pembaca sehingga secara otomatis orang   lain akan nge-link ke blog Anda secara natural pula. Atau, jika Anda memang ingin membeli link dari suatu blog, hubungi langsung saja admin blog tersebut untuk membeli link secara manual.

2) Blog anda berlindung pada uncloaked affiliate links
Timbul di pikiran kita, "Mengapa Google membenci sistem afiliasi yang Uncloaked Affiliate Links?, salah satu jawabannya karena Google menghindari segala hal yang berbau komersialisasi dari afiliasi link yang tidak berjubah (gelap). makanya, terangin dong hehe..
Pemecahan masalah: mulai dari sekarang, percayakan segalanya kepada ahlinya, melalui cara yang legal dan elegan.

3) Nge-link ke blog si tukang nyampah (spammer)
Aduh kasar banget sih bahasa saya, maaf ya tapi memang itu pengertian gamblangnya, So.. selalu awasi orang-orang yang memberi komentar di blog dofollow anda!. jika link mereka menuju ke situs yg kurang baik dimata google, Anda dapat menghapus komentar mereka supaya tidak menjadi tumpukan sampah yang mengotori "bangunan blog yang hendak Anda dirikan".
Pemecahan masalah: Moderasi komentar anda selalu atau nofollow link, bahkan lakukan keduanya biar aman.

4) Blog yang tidak aktif
Pada saat robot google (googlebot) sedang meng-crawl/merayapi atau mengindeks blog Anda tetapi blog didapati sedang dalam keadaan server down alias lemah, jarang update, jarang posting or optimasi, saya jamin blog yang telah lama nangkring di SERP (search engine result page) akan terpelanting ke pojok belakang halaman, visitor mana yang mau kunjungi blog "terisolir"?, tentu tidak ada mereka hanya berfokus pada blog halaman utama hasil pencarian.
Pemecahan masalah: bangunlah blog anda perlahan-lahan namun pasti, jika anda pesimis dalam ngeblog, menghasilkan "suatu" karya dan malas mencurahkan ide melalui tulisan, apapun yang melatar belakangi itu semua merupakan faktor kegagalan Anda.

5) Blog memuat konten ganda (duplicate content)
Well, Saya rasa semuanya sudah mengetahuinya bahwa blogger sejati adalah blogger yang tidak berhenti mengembangkan ide-ide yang baru, untuk itu hindarilah konten ganda dalam blog Anda, mulai sekarang kembangkanlah artikel yang unique content supaya blog Anda dapat tumbuh dan berkembang pesat, mengapa? karena isi artikel tersebut memiliki karakteristik/ciri khas khusus di mata Google, karena bagaimanapun karya originalah yang pada akhirnya akan terindeks Google, bukan hanya Google tapi 'friendly' juga di mata search eingene lainnya. oleh karena itu, kembangkanlah artikel Anda menjadi artikel yang memiliki faktor pembeda, jangan hanya copy-paste dari blog orang lain saja. copaser yang mungkin membaca ini, mulai sekarang hentikanlah perbuatan yang bisa menghancurkan citra blog dihadapan Google atau para bloger. maka dari itu, mulailah tanamkan sikap kreatif dan kembali ke tujuan utama deh, dengan nulis secara alami kita jadi kreatif, catat ! 
pemecahan masalah: Dofollow link yang unique content, Nofollow link ke konten ganda, hadang dalam robots.txt yang berada di blogspot dashboard>>setting>>search preference, bisa juga menggunakan tag Canonical Google.


Oke, sekian dulu saran dan informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat dan di terapkan. selamat membangun blog impian yang berpotensi membuka peluang sukses lewat dunia maya. salam!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar