Mengenal Fungsi dan Definisi Algoritma


Algoritma?... Banyak perusahaan yang mengerahkan ribuan cara untuk dapat eksis di dunia nyata maupun dunia maya. Salah satu upaya mereka adalah mempercayakannya kepada para blogger atau webmaster yang mengerahkan optimasinya melalui Search Engine Optimization. Ya, cara ini adalah cara terampuh untuk meningkatkan Page rank di halaman utama mesin pencari, salah satunya adalah google sebagai mesin pencari/telusur yang terfavorit dan teranyar dewasa ini. Maka dengan begitu secara otomatis, halaman demi halaman yang berkaitan dengan “keyword” yang dicari para user akan muncul secara efektif dan tepat sasaran. Itulah gunanya strategi yang dilakukan dari optimasi seperti ini. Sungguh menarik bukan?

Banyak perusahaan apapun yang menjalankan bisnisnya telah menarik simpati para blogger dengan membuat seo kontes bagi para blogger tersebut, ini adalah lomba menulis artikel melalui metode Search Einge Optimization (SEO), menilik lebih jauh tentang SEO tentu bukanlah perkara yang mudah mengingat derasnya arus kompetisi yang berlangsung, mengapa saya katakan tidak mudah? Karena trik yang dilakukan para blogger dan para webmaster berbeda-beda, yang pada intinya menaklukan algoritma google yang tidak dapat diprediksi begitu saja. Kita banyak mendengar tentang algoritma google panda sebelumnya dan google penguin belakangan-belakangan ini. Apakah itu semua? Nah saya akan mendefiniskannya secara halus dan rinci:
1)  Algoritma  merupakan himpunan perintah kerja untuk menyelesaikan suatu masalah.
2)  Berbagai perintah tersebut dapat diliteralisasi secara sekuel yang bertahap, dari awal hingga akhir.
3)  Masalah yang diselesaikan algoritma dapat berupa apa saja. Dalam setiap masalah, ada kriteria kondisi awal (if condition - sebuah fungsi logika) yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma.
4)  Algoritma dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria.
5)  Algoritma mempunyai langkah pengulangan dan membuat keputusan hingga tugasnya dapat terselesaikan.

Jika bicara tentang analisis algoritma, berarti kita harus mengetahui karakteristik dan performa khusus dari sebuah algoritma dalam menyelesaikan suatu masalahnya,bergantung pada  implementasi masing-masing algoritmanya. Pada dasarnya, algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.

Lalu bagaimana dengan algoritma google panda dan google penguin? Oh jelas hanya robot google dan program algoritma tersebut yang mengetahuinya, ini semua dirancang tanpa adanya unsur human error artinya tidak adanya unsur-unsur  manusia, semua pure atas dasar sistem komputerisasi, bahasa pemrograman dan robot-robot pemecah masalah algoritma yang diterapkan tersebut. Intinya algoritama tersebut bertugas secara adil untuk "mengeksekusi" sebuah blog yang terdapat black hat SEO, ataupun iklan yang tidak diperkenankan google, ataupun content yang ganda (duplicate content), ataupun backlink yang terdeteksi spammer dsb,.

Untuk optimasi itu sendiri, seorang blogger harus dapat menentukan strategi yang tepat, jika over optimasi mesin pencari akan melempar blog kita dari halaman awal atau halaman utama pencarian. So, kita harus optimasi secara natural dan slow slow. hehehe

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar